Share This Post

Hewan Kesayangan

Mengadopsi Kucing Baru

Mengadopsi Kucing Baru

Ada kalanya bagi Anda pecinta kucing, memelihara satu kucing saja belum cukup, agar kucing yang sudah dipelihara terlebih dahulu dengan kucing yang baru dapat cepat hidup harmonis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Terutama dalam memilih kucing baru sebaik mungkin yang sesuai dengan gaya hidup Anda dan kucing yang sudh ada, karena pada dasarnya semua kucing adalah individu yang berbeda.

Pilih Kucing Dengan Karater yang Sesuai

Kucing yang sebelumnya hidup dengan kucing lain lebih mungkin bergaul dengan kucing lain daripada kucing yang merupakan “anak tunggal”. Pikirkan tentang hal-hal yang suka dilakukan kucing di rumah Anda. Jika mereka suka bermain, mendapatkan kucing lucu lain mungkin merupakan ide yang bagus. Jika kucing Anda lebih suka berbaring di bawah sinar matahari sepanjang hari, Anda mungkin lebih baik mengadopsi kucing yang memiliki kebiasaan serupa. Anak kucing atau remaja muda mungkin bukan ide yang baik untuk rumah tangga dengan kucing yang lebih tua atau pemarah.

Memperkenalkan Kucing yang Baru Dengan Kucing yang Sudah Ada

Bahkan jika kucing yang Anda adopsi baik dengan kucing lain, selalu ada kemungkinan masalah saat saling memperkenalkan satu sama lain. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi kemungkinan masalah. Sebelum membawa kucing baru Anda ke rumah, buat “wilayah” terpisah untuknya. Area ini harus dilengkapi dengan makanan, air, tempat mencakar, kotak sampah, akses ke cahaya matahari, dan tempat istirahat yang nyaman.

Kucing Anda yang lain harus memiliki wilayah sendiri yang terpisah. Pastikan bahwa kedua area (ruang untuk kucing baru dan ruang untuk kucing lainnya) berisi beberapa tempat persembunyian sehingga kucing dapat dengan mudah mundur jika diperlukan. Kotak kardus besar dengan lubang di kedua sisinya dapat menjadi tempat persembunyian yang bagus. Lubang kedua memungkinkan kucing untuk melarikan diri jika disudutkan oleh kucing lain. Kotak-kotak itu akan ikut bermain begitu Anda mulai membiarkan kucing berinteraksi secara langsung, tetapi akan sangat membantu untuk memperkenalkan kotak-kotak terlebih dahulu, sehingga kucing menjadi terbiasa menggunakannya. Ingatlah bahwa kucing suka bersembunyi di tempat-tempat tinggi, jadi singkirkan barang-barang rapuh dari rak atau blokir akses ke rak.

Tempatkan kucing baru Anda di ruangnya segera setelah ia tiba di rumah, dan habiskan minimal satu jam per hari dengannya bersama kucing-kucing lain yang sudah lebih dahulu dipelihara. Bermainlah dengan mereka secara teratur dan perhatikan dengan cermat tanda-tanda stres atau kecemasan, seperti bersembunyi, perilaku agresif, nafsu makan menurun, dan mengeong berlebihan. Jika Anda melihat salah satu dari tanda-tanda ini, kucing Anda mungkin menderita stres. Jika tanda-tanda tersebut bertahan lebih dari beberapa hari dan / atau jika kucing Anda berhenti makan, konsultasikan dengan dokter hewan Anda.

Jika ada kucing yang menunjukkan tanda-tanda stres ringan, beri dia waktu untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru. Jika semua kucing tampak nyaman di ruang mereka, letakkan kucing baru di ruangan yang berbeda (dilengkapi dengan fasilitas yang sama) setelah dua hari, dan biarkan kucing Anda yang lain memasuki wilayah asli kucing yang baru. Ini akan memungkinkan setiap kucing menjadi terbiasa dengan aroma satu sama lain dengan cara yang tidak mengancam. Biarkan kucing terbiasa dengan area baru mereka selama satu hari.

Rekomendasi di atas adalah panduan untuk meningkatkan kemungkinan kucing yang baru Anda adopsi dapat cocok dengan kucing yang sudah ada di rumah Anda. Jika Anda sudah mencoba teknik ini tetapi kucing Anda masih belum rukun, silakan cari bantuan dokter hewan.

Share This Post

Leave a Reply