Share This Post

Hewan Kesayangan

Tips Mengganti Pakan Kucing

Tips Mengganti Pakan Kucing

Meningkatkan kualitas pakan kucing Anda adalah cara yang bagus untuk memastikan ia mendapatkan semua nutrisi yang ia butuhkan agar bulunya tetap terlihat indah dan terawat. Namun di sisi lain, kucing dikenal sebagai hewan yang pemilih dalam hal makanan. Jika Anda ingin mengganti pakan kucing peliharaan Anda ke pakan yang baru, berhati-hatilah, karena hal itu dapat menyebabkan gangguan pencernaan, melakukannya secara perlahan adalah kuncinya. Dengan cara ini, tubuh kucing Anda dapat menyesuaikan diri dengan makanan baru tanpa gejala seperti diare. Berikut ini adalah beberapa trik yang dapat membuat kucing Anda menikmati menu barunya

Lakukan Transisi Pakan Dalam Waktu 7-10 Hari

Kiat yang baik untuk diikuti adalah mengalihkan kucing Anda dari pola makan lamanya ke pola makan barunya secara bertahap selama sekitar 7 hingga 10 hari. Mencampur dua makanan secara bertahap akan memberi kucing Anda rasa makanan baru tanpa mengejutkan sistem tubuhnya. Mulailah dengan campuran 25% dari makanan baru kucing Anda dan 75% dari makanan lamanya. Beri makan ini selama dua atau tiga hari. Perlahan, tingkatkan jumlah makanan baru, sampai kucing Anda bisa menikmati campuran 50/50. Setelah dua atau tiga hari, Anda dapat beralih ke campuran 75% dari makanan baru dan 25% dari diet lama. Pertahankan hingga 2 atau 3 hari lagi sebelum Anda beralih ke 100% makanan baru.

Masalah pencernaan seperti sembelit, diare, muntah, atau gas bisa terjadi kapan saja selama masa transisi ini, terutama pada anak kucing. Jika gejala itu terjadi, cukup lambatkan waktu transisi pakannya, untuk memberi kucing Anda lebih banyak waktu dalam menyesuaikan diri dengan makanan baru. Tambah waktu transisi setiap campuran pakan menjadi empat hingga enam hari, tergantung kondisi dan reaksi fisik kucing Anda. Tetapi jika masalah tetap muncul, sebaiknya hubungi dokter hewan Anda.

Kucing adalah hewan yang memiliki kebiasaan, jadi berurusan dengan kucing rewel dalam hal makanan adalah hal biasa. Mereka menyukai apa yang mereka sukai dan mereka tidak suka perubahan besar, terutama dalam hal pakan mereka. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membujuk kucing peliharaan Anda mulai memakan makanan barunya:

• Taburkan jus daging ikan di atas makanan kering atau makanan kaleng kucing Anda .

• Tambahkan beberapa camilan kering dengan rasa disukai oleh kucing Anda, seperti rasa salmon atau kalkun

• Taburkan sedikit makanan kering di atas makanan basah.

• Cobalah tekstur yang berbeda, misalnya kucing Anda mungkin lebih suka makanan berbentuk potongan daging daripada yang berbentuk daging cincang atau kornet.

Kuncinya adalah kesabaran saat melakukan penggantian pakan kucing Anda secara bertahap, dan cobalah untuk membujuknya untuk mulai mencoba makanan barunya.

Share This Post

Leave a Reply