Share This Post

Hewan Kesayangan

Merawat Kucing Hamil

Merawat Kucing Hamil

Apakah kucing Anda hamil?

Mungkin Anda menemukan atau mengadopsi kucing hamil, dan Anda ingin memberinya perawatan terbaik. Apabila Anda memutuskan untuk membiakkan kucing peliharaan Anda, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, agar kucing peliharaan Anda tetap sehat sampai waktunya melahirkan bayi-bayinya.

Jika kucing Anda menunjukkan tanda-tanda kehamilan, langkah pertama adalah membawanya ke dokter hewan. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah sekitar tiga minggu masa kehamilannya. Bila terlalu awal ada kemungkinan dokter hewan Anda akan kesulitan untuk mengkonfirmasi kehamilannya. Namun, jika kucing Anda tampak sakit, Anda perlu membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa dan beri tahu dokter hewan bahwa ia mungkin hamil.

Sekitar 42 hari dalam masa kehamilan, dokter hewan Anda mungkin menyarankan untuk mengambil radiografi untuk melihat jumlah anak kucing yang dikandungnya. Dan jika Anda mengetahui berapa banyak janin yang dikandung oleh kucing peliharaan Anda, Anda akan dapat mengetahui kapan kucing Anda selesai melahirkan atau apakah ia dalam keadaan stress saat proses melahirkan anak kucing. Vaksinasi tidak dianjurkan selama kehamilan karena dapat berefek buruk pada perkembangan janin kucing.

Memberi Makan Kucing Hamil

Kucing hamil memerlukan makanan berkualitas tinggi yang diformulasikan untuk pertumbuhan. Cari makanan kucing yang mencatumkan Kecukupan Gizi AAFCO dengan gizi lengkap dan seimbang untuk pertumbuhan dan reproduksi. Biasanya makanan tersebut merupakan jenis makanan anak kucing. Secara umum, makanan basah adalah pilihan yang lebih sehat daripada makanan kering. Jika Anda memilih makanan kering, cari yang dengan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Berhati-hatilah untuk tidak memberi makan kucing hamil peliharaan Anda secara berlebihan, terutama selama minggu-minggu awal kehamilannya. Jika dia menjadi kelebihan berat badan, itu bisa menyebabkan masalah baginya dan anak kucing dalam kandungannya. Secara bertahap beralihlah ke makanan anak kucing setelah Anda memastikan kehamilannya, tetapi jangan menambah jumlah makanan yang diberikan kecuali ia kekurangan berat badan atau kelaparan. Pantau kondisi tubuhnya selama kehamilannya dengan bantuan dokter hewan.

Menyiapkan Tempat Melahirkan

Di luar pemeriksaan rutin ke dokter hewan dan perubahan nutrisi, kucing hamil Anda biasanya tidak memiliki kebutuhan khusus selama sebagian besar masa kehamilannya. Ketika dia semakin dekat dengan waktunya melahirkan dia akan mulai mencari tempat yang aman dan tenang untuk mulai bersarang. Ini biasanya dimulai satu atau dua hari sebelum kelahiran. Anda dapat menyiapkan kotak kardus atau keranjang cucian dengan mengisinya dengan selimut dan menyelipkannya ke tempat yang aman dan tenang di rumah Anda. Namun, kucing Anda mungkin tidak memutuskan untuk menggunakannya. Jika ada area rumah yang Anda tidak ingin digunakannya untuk melahirkan jaga dan pastikan area tersebut ditutup selama minggu terakhir kehamilannya. Pastikan kucing Anda tidak memiliki akses ke luar, karena dia dapat menyelinap dan bersarang di suatu tempat yang sulit Anda temukan. Kucing Anda dapat juga bertindak gelisah dan bahkan cemas saat menjelang kelahiran. Dan hal ini sangat normal.

Setelah kucing Anda memilih daerah di mana ia akan melahirkan, yang terbaik adalah membiarkannya sendirian, Anda cukup mengamatinya dari jarak yang aman. Sebagian besar kucing membutuhkan sedikit intervensi manusia saat dalam proses melahirkan. Namun, Anda mungkin perlu membantu jika dia nampak mengalami kesulitan.

Setelah melahirkan induk kucing Anda perlu menjalani pemeriksaan hewan dalam waktu sekitar satu hari setelah melahirkan. Hindari memisahkan ibu dan anak kucing selama beberapa hari pertama. Sebagai gantinya, bawa mereka semua ke dokter hewan untuk pemeriksaan. Selalu konsultasikan dengan dokter hewan Anda, hal-hal yang berhubungan dengan masalah kesehatan kucing Anda, karena mereka telah mengetahui riwayat kesehatan hewan peliharaan Anda, dan dapat membuat rekomendasi terbaik untuk hewan peliharaan Anda.

Share This Post

Leave a Reply