Share This Post

Hewan Kesayangan

Cara Monitoring Kesehatan Kucing Peliharaan

Cara Monitoring Kesehatan Kucing Peliharaan

Tindakan awal ketika munculnya gejala gangguan kesehatan pada kucing peliharaan Anda dapat membantunya pulih lebih cepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memonitor kesehatan kucing peliharaan Anda.

Pola Makan dan Minum.

Sebagian besar kucing memiliki kebiasaan dalam pola makan dan minum, jika nafsu makan kucing Anda turun selama lebih dari satu atau dua hari, konsultasikan dengan dokter hewan langganan Anda.

Kotoran

Kotoran kucing yang sehat biasanya terbentuk dengan baik tanpa adanya lendir atau darah. Jika kucing Anda mengalami diare yang selama lebih dari dua hari, terutama jika ia sudah terlihat tidak sehat bawalah kucing Anda dokter hewan. Kuantitas dan kualitas feses yang dihasilkan dan gejala perut kembung sangat dipengaruhi oleh kualitas makanan.

Kesehatan Bulu

Bulu kucing yang sehat harus terlihat rata dan berkilap, tanpa tanda-tanda penipisan berlebihan atau terdapat pitak dan gejala radang kulit maupun kutu. Makanan berkualitas premium dapat membuat bulu kucing Anda terlihat berkilap. Adakan konsultasi dengan dokter hewan langganan Anda untuk mengetahui jenis makanan maupun suplemen yang sesuai untuk kucing Anda.

Telinga

Telinga harus tampak bersih dan tidak berbau. Periksa telinga secara teratur dan pantau adanya peradangan atau pembentukan lapisan lilin. Anda dapat melakukan pembersihan berkala dengan menggunakan larutan.

Mata

Mata harus tampak cerah dan berkilau tanpa ada tanda kotoran mata berlebih atau sensitif terhadap cahaya. Pada beberapa ras mungkin ada yang rutin mengeluarkan air mata atau lendir di sudut mata. Mintalah saran kepada dokter hewan jika Anda tidak yakin.

Hidung

Hidung harus tampak bersih, lembab dan halus, tanpa ulserasi atau penumpukan cairan, termasuk gejala bersin, batuk atau suara bengek saat bernafas.

Gigi

Gigi harus diperiksa secara teratur untuk penumpukan plak atau tarter, dan gusi seharusnya tidak terlihat meradang. Banyak kucing membutuhkan perawatan gigi secara teratur di dokter hewan untuk mencegah penyakit periodontal.

Kuku

Kuku harus diperiksa untuk mencegah keausan karena pertumbuhan yang tidak memadai atau resiko robek jika tumbuh terlalu panjang. Jangan lupa untuk memeriksa selaput kukunya juga. Kualitas kuku biasanya dapat ditingkatkan dengan makanan yang berkualitas baik atau suplemen nutrisi.

Berat harus dipantau dengan cermat.

Obesitas dapat menyebabkan kondisi seperti radang sendi, gagal jantung, diabetes, gagal hati dan kesulitan bernapas. Perhatikan pola makan kucing Anda dengan baik. Segera periksakan kucing Anda ke dokter hewan, jika mengalami penurunan berat badan yang berlebihan atau kegagalan untuk mencapai kondisi tubuh yang baik.

Waspadai tanda-tanda perilaku tidak wajar.

Kenali perilaku kucing peliharaan Anda. Jika mereka mereka menunjukkan tanda-tanda perilaku yang tidak biasanya, seperti tidak responsif, enggan untuk bangun dari tempat tidur, kurang toleran terhadap penanganan, dll. Jika gejala-gejala tersebut bertahan, penting bagi Anda melakukan pemeriksaan lengkap di dokter hewan.

Share This Post

Leave a Reply